[LENGKAP] Panduan membuat website toko online dengan mudah -->

Header Menu


[LENGKAP] Panduan membuat website toko online dengan mudah

Rabu, Desember 12, 2018


Siapa bilang untuk membuat sebuah website toko online harus mengeluarkan budget yang mahal, punya kemampuan dan paham soal programer. Presepsi itu sungguh sangat menakutkan bagi seseorang yang baru saja merambah bisnis online. Padahal sebenernya untuk membuat sebuah toko online itu sangat mudah, dan tidak perlu budget yang mahal.
Penasaran...
Khusus buat anda GOKIL UPDATE akan memberikan tutorial cara mudah membuat website toko online untuk pemula, Jadi baca artikel ini dengan seksama dan kalau perlu silahkan bookmarks di browser anda biar mudah memprakteknya...!

Bagaimana cara membuat website toko online dengan mudah itu?


Sebelum anda masuk ke topik pembahasan cara membuat website toko online, tentu ada beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang sistem kerja toko online itu sendiri.
Toko online atau lebih kerennya online shop sudah dikembangkan beberapa perusahaan nirlaba terkenal dunia semenjak tahun 2000 lalu. Dengan berbagai perkembangan banyak sekali website website toko online bermunculan, baik dikelola oleh perusahaan besar maupun individu. Salah satu keuntungan memiliki sebuah website toko online dikarenakan jangkauan pasar yang lebih luas, sehingga lebih mudah pula produk itu dikenal khalayak luas. Di samping itu sistem pembayaran yang digunakan pada sebuah toko online juga lebih memudahkan konsumen untuk bertransaksi, cukup dengan menggunakan metode transfer bank maka barang itu sudah di antar sampai kerumah.

Back ke Topik...!

Cara membuat Toko online dengan mudah

Sebelum anda membuat sebuah website toko online sendiri, Ada beberapa tahapan yang wajib anda penuhi sebelumnya.

  1. Domain

  2. Dikutip dari Wikipedia "Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet . Domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP "

    Dalam pembuatan sebuah website toko online ini, Domain sangat berperan penting dalam pengembangan juga dalam anda mempromosikan produk produk yang akan anda pasarkan. Jadi sebaiknya dalam memilih nama domain, anda sesuaikan dengan jenis produk yang anda pasarkan nantinya. Seandainya anda berencana menjual produk paket baju muslim untuk anak maka domain yang harus anda gunakan adalah bisa bajuanakmuslim.com, berhubung domain itu sudah lebih dulu digunakan orang lain anda bisa membuat alternatif nama yang hampir menyerupai nama tersebut seperti gamisanakmuslim.com, atau anda punya ide lain silahkan gunakan.
    Note : untuk ekstensi nama domain ada banyak macamnya seperti com, net, org, info, id, shop dan masih banyak lagi. Tetapi penggunaan domain dot com tersebut lebih familier juga harganya relatif murah, berbeda apabila anda gunakan domain dengan ekstensi dot shop, bila domain dot com dibandrol sekitar 150.000 ribu, kalau domain dot shop bisa 3 x lipat harganya.

    Setelah itu tentu anda akan bertanya tanya , bagaimana caranya mendapatkan sebuah nama domain tersebut.
    Mudah banget lo untuk mendapatkan sebuah nama domain tersebut itu, namun apabila anda search di google mungkin anda akan banyak menemukan seller domain baik itu yang legal maupun ilegal. Tapi demi keamanan juga keberlangsungan website toko online anda nantinya, sebaiknya pilihlah seller domain yang legal dan punya kredibilitas yang tinggi. Disini saya sarankan anda membeli nama domain ke https://www.exabytes.co.id saja, dikarenakan website ini memiliki kredibilitas yang tinggi juga pelayanan super aktip untuk merespon konsumenya, dan juga harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan website penyedia domain lainnya.
    Note : khusus sampai 31 Desember 2018 ini di exabytes pembelian domain dot com akan mendapatkan diskon 50%, lihat screnshoot dibawah ini.

  3. Blogspot.com
  4. apalagi ini blogspot.com?
    Blogspot.com merupakan salah satu platform penyedia layanan web 2.0 yang dikembangkan oleh Google secara gratis yang bisa digunakan untuk membuat sebuah blog ataupun website toko online.

    Kenapa saya merekomendasikan blogspot.com sebagai media untuk anda membuat website toko online ini...!

    1. Blogspot.com itu lebih Simple

    2. Bagi anda seorang pemula yang tidak punya basic programmer, blogspot.com ini jadi solusi terbaik untuk anda bisa mengembangkan website toko online dengan mudah. Blogspot.com di desain dengan simple dan tidak banyak memakai pengkodean php ataupun Javascript yang bisa membuat pemula seperti anda rontok rambutnya. Anda cukup mempelajari tentang html untuk membuat sebuah postingan saja, dan juga tidak semua kode html bisa digunakan. Jadi itu sangat memudahkan akan dalam membuat sebuah postingan tentang produk anda.

    3. Blogspot.com sangat mudah dioperasikan

    4. Selain simple, blogspot.com juga sangat mudah dioperasikan baik itu lewat handphone maupun laptop. Apabila anda hanya memiliki handphone android itu sudah sangat cukup untuk bisa digunakan mengoperasikan website toko online anda. Saya juga salah satu blogger di blogspot.com yang menggunakan handphone Android saja. Adapun untuk menunjang pengoperasianya seperti membuat postingan juga mengaksesnya cukup anda instal aplikasi Google chrome dan QuickEdit untuk membuat draf postingan juga edit templat.

    5. Blogspot.com tidak berbayar(gratis)

    6. Pembuatan website toko online di blogspot.com ini anda tidak perlu mengeluarkan sepeserpun, jadi ini bisa menghemat budget anda. Dan sampe kapanpun anda menggunakan tidak ada biaya tambahan.


    Cara membuat akun blogspot.com

    Selanjutnya anda harus membuat sebuah akun blogspot.com, adapun persyaratannya cukup mudah hanya dengan menggunakan akun Google saja. Kemudian anda buka laman www.blogspot.com kemudian klik sign in
    , setelah itu anda akan dibawa pada halaman create your blog.
    Lihat image di bawah ini untuk lebih jelasnya :

    - Kolom paling atas berisikan title (judul website ) anda nantinya.
    - Kolom kedua merupakan alamat sementara website anda, dan silahkan isikan sesuai keinginan saja. Karena anda sudah menyiapkan sebuah nama domain, otomatis subdomain yang diberikan blogspot.com itu tidak akan anda gunakan untuk website toko online anda nantinya.
    - Selanjutnya pilihlah Template.
    - Terakhir anda klik buat blog

Cara membuat website toko online di blogspot


Setelah anda sudah memiliki sebuah nama dan tentunya akun blogspot.com, bisa di amsusikan anda sudah memiliki pondasi awal pembuatan website toko online. Sekarang tugas anda tinggal melanjutkan pembangunan tersebut agar website toko online bisa dipublikasikan.

  1. Setting nama domain ke Blogspot

  2. Langkah pertama yang harus anda setting adalah mengubah alamat sementara blogspot.com dengan nama domain yang sudah anda beli dari exabites. Untuk itu anda masuk ke dalam dashboard akun blogspot.com kemudian klik Setelan lalu klik Dasar kemudian pilih Siapkan URL pihak ketiga untuk blog anda.
    Detailnya lihat image dibawah ini :

    Lalu setelah itu akan terbuka laman seperti image dibawah ini :

    Download file setelan DNS yang terdapat di laman tadi, kemudian buka file tersebut di aplikasi QuickEdit.

    Langkah berikutnya anda buka laman Client area Exabytes untuk menggantikan alamat sementara blogspot.com tadi dengan nama domain yang sudah anda miliki tadi.

    1. Setelah anda berhasil login di akun exabites, masuk ke menu domain dan pilih Manage DNS.

    2. Selanjutnya akan terbuka laman Add ZONE, kemudian klik Add New ZONE

    3. Pada bagian Zone Name, isilah dengan nama domain anda tadi, untuk bagian IP biarkan Default IP, lalu anda klik Add Zone
    4. Setelah Zone Name sudah anda buat, sekarang anda rubah edit recordnya. Kemudian anda klik Edit Zone yang nampak di bagian kanan, tepatnya berada dibawah button Add New Zone.

    5. Langkah berikutnya anda klik Add Record untuk memasukkan IP google yang tadi sudah anda save di aplikasi QuickEdit. Pada bagian Name masukan angka 1, lalu pada bagiw Type masukan huruf A, untuk TTL. anda biarkan default saja, pada bagian RDATA ini masukan IP google yang tadi sudah anda save. Ulangi langkah ini sebanyak 4 kali, karena IP Google yang tadi anda save ada 4 macem dan cukup anda ganti berurutan.
    Lihat detailnya :

    Dan setelah anda save kurang lebih hasilnya akan seperti ini :

    6. Klik kembali Add Record untuk mengatur CNAME dari file setelah dns yang tadi anda sudah save tadi, di bawah ini hanya sample karena setiap akun setelan CNAME dari Google berbeda.
    Pada bagian Name masukan kbfonlsrqo6y
    Pilih type : CNAME
    Untuk TTL : (biarkan default atau jangan dirubah)
    Di bagian RDATA. masukan gv-objqx6mkbe6z4w.dv.googlehosted.com

    Kemudian buat lagi Add Record dengan type CNAME seperti diatas.
    Biar lebih jelas lihat image ini :

    Dan hasilnya seperti ini :

    7. Langkah terakhir klik menu Domains pilih Domain Saya , lalu pada bagian nama domain anda klik logo obeng kecil yang berada di bagian kanan, Selanjutnya klik Nameservers yang berada di sebelah kiri. Kemudian anda klik custom nameservers, setelah laman berganti silahkan masukan namesever sebagai berikut
    1. ns1.idcloudhosting.com
    2. ns2.idcloudhosting.com

    Kemudian klik ubah namesever dan hasilnya akan seperti ini

    Setting nama domain di exabytes sudah selesai, sekarang anda buka kembali ke dashboard akun blogspot.com anda agar nama domain bisa digunakan untuk menggantikan alamat sementara dari blogspot.com. Setelah masuk dashboard kemudian pilih Setelah lalu Dasar lalu klik lagi siapkan url pihak ketiga, masukan kembali nama domain anda (Langkah ini seperti saat anda menyimpan file setelan dns). Kemudian klik simpan dan apabila berhasil maka akan seperti ini :

    Apabila sudah selesai ada alternatif agar nama domain anda bisa diskses tanpa atau dengan www, contohnya saja apabila seseorang ingin mengakses website toko online bisa menggunakan url www.gamismuslimanak.com atau bisa juga dengan url gamismuslimanak.com.
    Lihatlah image dibawah ini untuk detailnya :
    <
    Setelah semua langkah setting nama domain selesai, untuk dapat di akses website toko online anda dengan nama domain dari exabytes membutuhkan waktu 1 x 24 jam tetapi kadang belum 5 menit secara otomatis website anda sudah bisa diakses dengan nama domain anda sendiri

  3. Mengatur Judul dan Deskripsi

  4. Mengatur judul dan Deskripsi website ini harus anda maksimalkan, karena ini bagian penting yang bisa membuat konsumen tertarik pada produk anda. Untuk pemilihan judul website tentu harus ada kaitannya dengan produk anda serta nama domain yang sudah anda miliki. Bila tadi anda memilih nama domain "gamisanakmuslim.com" agar memiliki daya jual sebaiknya title yang anda gunakan Gamis Anak Shop atau Gamis Muslim Anak. Bisa juga anda menggunakan ide lain, ini hanyalah sample saja

    Dan untuk Deskripsi (keterangan) tinggal memperjelas title yang sudah anda buat tadi. Kurang lebih seperti ini untuk pemilihan deskripsinya "Gamis Muslim Anak tempat grosir aneka baju muslim untuk anak anak terlengkap juga termurah".

    Dan untuk membuat judul serta deskripsi ini, silahkan buka dashboard blogspot.com anda buat tadi kemudian klik Setelan.
    Untuk lebih jelasnya lihat image di bawah ini

  5. Ganti Template bawaan Blogspot.com

  6. Untuk akun baru secara default blogspot.com langsung memberikan sebuah template bawaan. Karena tujuan anda adalah membuat sebuah website toko online tentunya tidak singkron apabila anda tetap menggunakan template bawaan tersebut. Disini buat mempermudah anda, saya sudah menyiapkan sebuah template khusus untuk website toko online secara gratis.


    VioToko, Template Toko Online Blogspot Responsive & Fast Loading
    Template ini sebenarnya premium(berbayar) yang di desain oleh Mas Sugeng , seorang Blogger kawakan sekaligus desainer blog. Saking banyaknya peminat akhirnya template premium ini banyak dibagikan gratis oleh beberapa blogger nakal (termasuk saya ni). Tetapi tujuan saya hanya untuk pembelajaran, apabila anda punya budget lebih sebaiknya beli template ini langsung ke mas sugeng ya...!

    VioToko, Template Toko Online Blogspot Responsive & Fast Loading ini memiliki tampilan yang responsive juga elegan serta terdapat akses untuk bertransaksi (checkout) menggunakan whatsaap juga sms. Untuk detailnya silahkan lihat demonya langsung di website empunya (mas sugeng) di Demo template viotoko.
    Dan untuk file VioToko, Template Toko Online Blogspot Responsive & Fast Loading premium tapi gratis silakan anda download -->disini<--
    Dan untuk panduan setting template viotoko ini bisa gunakan laman berikut ini panduan setting viotoko saja

    Note : untuk proses editing template blogspot.com gunakan aplikasi QuickEdit Android

    Setelah proses editing template sesuai panduan diatas, langkah selanjutnya adalah masuk lagi ke dashboard blogspot.com anda kemudian pilih Thema. Di langkah ini ada 2 alternatif pilihan yang bisa anda gunakan untuk uploads template yang sudah anda edit tadi. Pertama apabila ingin uploads langsung file template viotoko.xml setelah anda masuk dashboard blogspot.com klik template kemudian klik backup / pulihkan, kemudian pilih di penyimpanan handphone anda tempat file template viotoko.xml.
    Lihat detailnya :

    Kedua dengan copy paste file template viotoko. xml dari QuickEdit langsung ke dashboard blogspot.com anda. Adapun caranya hampir sama, setelah proses editing template selesai langsung copy semua file template viotoko. xml di QuickEdit kemudian masuk dashboard blogspot.com anda pilih Template kemudian pilih edit html, block semua txt yang ada kemudian pastekan file tadi.
    Lihat detailnya :

    Setelah itu pratinjau template, untuk melihat preview template tersebut, apabila sudah sesuai jangan lupa simpan template viotoko

  7. Membuat Detail Website dan Produk
  8. Dalam proses ini ibarat anda tinggal mengisi detail website toko online anda serta berbagai detail yang ada hubungannya dengan produk yang akan anda jual. Tujuannya tidak lain agar memudahkan konsumen mengenali website serta produk yang terdapat dalam website toko online anda

    1. Buatlah halaman website
    Untuk membuat halaman website anda tinggal buka dashboard blogspot.com anda kemudian pilih menu halaman lalu klik buat halaman baru.
    Lihatlah image ini detailnya :

    Lazimnya dalam sebuah website khususnya toko online ini ada beberapa halaman yang bisa anda buat seperti about us (tentang anda) , Privacy Policy, Disclaimer, Contact (cara konsumen menghubungi anda), kemudian tentu Checkout (tempat untuk bertransaksi)

    2. Membuat Postingan serta Label
    Selanjutnya buatlah postingan yang berisi produk produk anda, jangan lupa dalam setiap membuat postingan sesuaikan antara postingan serta label agar ketika konsumen melihat produk anda dengan mudah menemukan produk yang sejenis yang terdapat dalam website toko online ini
    Untuk membuat postingan serta label anda masuk dashboard blogspot.com kemudian pilih Postingan lalu klik buat postingan baru
    Detailnya seperti dibawah ini

    Dalam pembuatan postingan berikan sample dari image produk, harga juga keterangan tentang detail produk anda tersebut.

Setelah semua langkah dari A sampai Z diatas sudah anda kerjakan, sekarang anda sudah memiliki bisa membuat sebuah website toko online sendiri, dan selanjutnya anda bisa mempublikasikan website anda

Bagaimana apa dari anda masih ada yang belum dimengerti dari tutorial diatas, apabila ada hal yang belum di pahami jangan sungkan untuk kontak saya via email alviadanis90@gmail.com