Kiat sehat menjaga kesehatan anak saat musim penghujan tiba -->

Header Menu


Kiat sehat menjaga kesehatan anak saat musim penghujan tiba

Minggu, November 18, 2018



GOKIL UPDATE - Memasuki musim pancaroba seperti sekarang ini, membuat banyak ibu ibu was was terhadap kesehatan sang buah hatinya.
Cuaca yang tidak menentu membuat daya tahan tubuh menjadi menurun , baik anak anak juga orang dewasa bila tidak terlalu diperhatikan bisa membuat badan sering terserang penyakit seperti flu, batuk, hingga demam berdarah dll.


Oleh sebab itulah lebih baik sedia payung sebelum hujan daripada nantinya kita yang yang rugi melihat sang buah hati jatuh sakit.
Maka itulah selain menjaga kebersihan sekitar tempat tinggal juga harus menjaga metabolisme tubuh.


Berikut ini beberapa Tips menjaga kesehatan balita saat musim hujan datang :



  1. Mempersiapkan Alat perlindungan diri saat hujan

  2. Alat perlindungan diri saat hujan ini meliputi masker, payung, jas hujan, sepatu bot. Bawakanlah selalu peralatan tersebut apabila balita anda berada di luar rumah agar apabila saat kehujanan tidak basah kutup. Karena air hujan apabila membasahi tubuh akan menimbulkan banyak penyakit, dan waspadai juga genangan air bekas air hujan di sekitar anda, genangan tersebut menjadi sarang bakteri jahat.

  3. Tutuplah tempat penampungan air

  4. Kita semua tentu sudah tahu bahwasanya nyamuk Aedes Aegypti (pembawa dbd) berkembang biak dengan baik di tempat yang terdapat air menggenang dan tempat tersebut sangat kotor. Jadi untuk menjaga balita anda dari serangan dbd, tutuplah semua tempat penampungan air dan jaga kebersihannya. Kemudian apabila di sekitar rumah anda terdapat genangan air segeralah untuk menutupi dengan rapat.

  5. Jagalah kebersihan di sekitar tempat tinggal

  6. Faktor penting dalam menjaga kesehatan balita anda adalah kebersihan di sekitar tempat tinggal anda. Karena apabila sekitar anda banyak genangan air maka akan menjadi sarang nyamuk untuk berkembang biak. Dan bisa jadi hal itu akan berdampak buruk pada keluarga anda, terutama pada balita yang sangat rentan terserang demam berdarah

  7. Pastikan selalu balita minum air yang bersih

  8. Selanjutnya untuk menjaga balita tetap sehat di musim penghujan dengan memberikan minuman yang bersih, hindari minuman yang dijual bebas. Pastikan semua minuman tersebut tidak terkontaminasi dengan bakteri, karena bila kita lalai maka sang buah hati sangat mudah tertular penyakit seperti diare, flu juga batuk bahkan gatal gatal.

  9. Biasakan anak mencuci tangan dengan benar

  10. Dengan membiasakan anak mencuci tangan bisa meminimalisir kuman juga bakteri masuk kedalam tubuhnya. Karena saat musim penghujan seperti sekarang ini, banyak benda benda khususnya yang berada diluar rumah rumah terdapat bakteri juga kuman yang menempel.

  11. Vaksinasi


  12. Dengan vaksinasi salah satu upaya terbaik melindungi kekebalan tubuh balita anda dari serangan penyakit. Anda bisa mendapatkan vaksinasi ini dari puskesmas ataupun dokter, selain itu konsultasikan kesehatan balita anda tersebut kepada dokter agar anda bisa mengantisipasi apabila ada keluhan dari balita anda

  13. Berilah asupan yang proporsional

  14. Memberikan asupan makanan yang proporsional ini terdiri dari makanan yang sehat, keseimbangan nutrisi dan protein serta jaminan bebas bakteri. Karena kerentaan anak pada makanan yang terkontaminasi dengan bakteri inilah anda harus mengawasi jajanan saat di sekolah maupun asupan makanan yang anda berikan dirumah


Itulah beberapa upaya dini mencegah dan menjaga balita anda tertular maupun terserang penyakit penyakit saat musim hujan.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda juga buah hati anda , ingatkanlah selalu pada lingkungan tempat tinggal anda penyakit bisa datang kapan saja apabila kita tidak menjaga kebersihan lingkungan.